Pengertian, Fungsi Serta Komponen Dalam Business Strategy

Sering kali pastinya Anda mendengar tentang business strategy lalu sebenarnya apakah itu? Strategi bisnis ini sebenarnya adalah tindakan atau keputusan yang diambil oleh perusahaan untuk bisa mencapai tujuan bisnis serta menjadi lebih kompetitif di industrinya tersebut. Pastinya sebuah usaha tidak peduli apakah yang skalanya kecil atau besar tentu akan punya strategi bisnisnya masing-masing, sehingga bisa tetap bertahan bahkan mungkin tumbuh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

Jika seandainya berbicara mengenai penerapannya sendiri sudah pasti tidak akan semulus yang dibayangkan, banyak juga resiko kegagalan yang bisa saja dialami, sehingga otomatis hal ini berdampak kurang baik bagi sebuah perusahaan. Lalu sebenarnya apakah fungsi dari strategi bisnis ini, berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Perencanaan, fungsi yang utama jelas untuk membantu perusahaan untuk mengidentifikasi langkah-langkah atau perencanaan awal agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.
  2. Membantu untuk menilai kekuatan serta kelemahan perusahaan, analisis SWOT termasuk yang paling umum digunakan dalam penilaian ini, mulai dari kekuatan, kelemahan, ancaman serta peluang perusahaan. Sehingga dari sini bisa menemukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan kekuatan perusahaan tersebut, serta mengurangi kelemahannya.
  3. Efisiensi, dengan adanya business strategy ini diharapkan nantinya akan memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya mereka secara lebih optimal dan efektif, bahkan juga menjadi lebih efisien.
  4. Kontrol, fungsi yang selanjutnya adalah bisa memberikan kontrol terhadap aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Karena memang Anda sudah memahami jalan yang nantinya akan diambil, serta bisa juga menilai apakah aktivitas tersebut dekat dengan tujuan ataukah tidak.
  5. Punya keunggulan kompetitif dibandingkan dengan yang lain, dengan adanya identifikasi rencana maka nantinya akan semakin jelas bagi perusahaan untuk mengetahui keunggulan mereka, serta bisa bersaing dengan kompetitor yang ada di luar sana.

Adapun diantaranya komponen yang terkandung di dalam strategi bisnis ini, yaitu:

  1. Visi serta tujuan perusahaan, untuk bisa mencapai tujuan maka harus ada usaha atau visi yang dilakukan perusahaan. Dua hal ini sebenarnya memang tidak bisa dipisahkan.
  2. Nilai inti, dikenal juga sebagai core value, yaitu harus tahu nilai lebih dari perusahaan tersebut.
  3. Analisis SWOT, seperti yang sudah disebutkan diatas, pada dasarnya ini adalah sebuah analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, peluang serta ancaman di dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut.
  4. Taktik, ini adalah sebuah strategi yang menjelaskan detail operasional bagaimana pekerjaan tersebut harus dilakukan guna bisa memaksimalkan efesiensi.
  5. Rencana serta alokasi sumber daya, strategi yang satu ini secara terstruktur menjelaskan bagaimana cara untuk menemukan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah rencana.
  6. Pengukuran, pada komponen selanjutnya juga ada pengukuran untuk melacak output dari perusahaan tersebut serta mengevaluasi kinerja yang berkaitan dengan target yang ditetapkan sebelum meluncurkan sebuah strategi.

Cukup panjang jika Anda ingin belajar tentang business strategy ini, untuk itu lebih baik ikut kelasnya dari mentor yang berpengalaman yaitu Prasmul-ELI di https://prasmul-eli.co/id/certification-programs/Business-Strategy.

Program pelatihan yang dimiliki oleh Prasmul-ELI ini cukup banyak tidak sebatas strategi bisnis saja, Anda juga dapat menemukan beragam pilihan kelas untuk pengembangan Sumber Daya Manusia dalam perusahaan. Langsung saja cek di website resminya, kelas-kelas yang mereka miliki ada yang berbasis offline, maupun juga tersedia yang berbasis online, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *